TUJUAN PERUMPAMAAN

PELAJARAN SEKOLAH SABAT PARUH KEDUA 2023 “PERUMPAMAAN-PERUMPAMAAN YESUS KRISTUS”

Persembahan Sekolah Sabat Istimewa untuk

MALAWI

Tuhan memberkati persembahanmu yang murah hati!

 

PELAJARAN 1

Sabat, 1 Juli 2023

Tujuan Perumpamaan

““Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala.”  Mazmur 78:2.

“‘Semua hal ini berbicara tentang Yesus kepada khalayak ramai dalam perumpamaan;… agar boleh digenapi apa yang difirmankan oleh nabi, mengatakan, Aku akan membuka mulut-Ku dalam perumpamaan; Aku akan mengucapkan hal-hal yang telah dirahasiakan sejak dunia dijadikan.” Matius 13:34, 35. Hal-hal alami adalah media untuk spiritual; hal-hal dari alam dan pengalaman hidup para pendengar-Nya terhubung dengan kebenaran dari firman yang tertulis. Dengan demikian, menuntun dari kerajaan alami ke kerajaan rohani, perumpamaan-perumpamaan Kristus adalah mata rantai dalam rantai kebenaran yang menyatukan manusia dengan Allah, dan bumi dengan surga.” – Christ’s Object Lessons, hlm. 17.

MAKSUD-NYA

MINGGU

  1. 1. Mengapa Yesus berbicara kepada orang-orang melalui Perumpamaan-Perumpamaan? Apakah yang akan diterima oleh para pelajar Alkitab yang menyelidikinya dengan tekun?

Matius 13:10-12.  Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”11Jawab Yesus: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak. 12Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya,

Yakobus 1:5. Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, –yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit–,maka hal itu akan diberikan kepadanya.

“Kita harus mempelajari perumpamaan Juruselamat di mana Ia mengucapkannya, di ladang dan di bawah pepohonan, di bawah langit yang terbuka, di atas rerumputan dan di tengah bunga-bunga. Kehadiran-Nya adalah nyata di hadapan kita dan berbicara ke dalam hati kita tentang damai sejahtera dan kasih-Nya.” – Christ’s Object Lessons, hlm. 25.

SENIN

  1. 2. Apakah yang dibutuhkan oleh seseorang untuk dapat mengerti perumpamaan-Nya? Jika tidak, apakah yang akan menjadi akibatnya?

1 Korintus 2:14. Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.

Matius 13:14, 15. Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. 15Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.

Yohanes 16:13, 14.  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 14Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.

“Namun sebagian besar umat manusia membenci kebenaran firman Tuhan dan lebih menyukai dongeng. 2 Tesalonika 2:10, 11: ‘dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka. Dan itulah sebabnya Allah mendatangkan kesesatan atas mereka, yang menyebabkan mereka percaya akan dusta.'” – Testimonies for the Church, jilid 1, hlm. 300.

 SELASA

  1. Mengapa orang-orang yang mempelajari perumpamaan-perumpamaan itu diberkati? Untuk maksud apakah seharusnya perumpamaan-perumpamaan itu dipelajari?

Matius 13:16, 17.  Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. 17Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

1 Petrus 1:12.  Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.

“Sementara para malaikat masih menahan keempat mata angin itu, maka kita harus bekerja dengan segenap kemampuan kita. Kita harus menyampaikan pekabaran kita tanpa menunda-nunda lagi. Kita harus menyampaikan dan menyajikan bukti kepada alam semesta surgawi, dan kepada manusia di zaman yang telah merosot ini, bahwa agama kita adalah agama iman dan kuasa, dimana Kristus adalah Pencipta dan bahwa firman-Nya adalah sebagai Sabda ilahi. Jiwa manusia tergantung pada keseimbangan yang mereka anut. Apakah mereka akan menjadi warga yang takluk pada kerajaan Allah ataukah menjadi budak kelaliman dan kesewenang-wenangan Setan.” – Testimonies for the Church, jilid 6, hlm. 21.

PERASAAN YANG DITIMBULKAN OLEH PERUMPAMAAN

RABU

  1. Apakah yang dirasakan oleh seseorang ketika dia mengerti perumpamaan-perumpaan itu? Apa yang kemudian akan mengikuti perasaan yang dirasakannya ini?

Roma 10:10-12.  Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. 11Karena Kitab Suci berkata: “Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.” 12Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya.

“Semua orang dapat memiliki hak istimewa untuk memegang pengharapan yang diberikan kepada mereka di dalam Injil, namun demikian bagaimana mereka dapat mendengarnya tanpa seorang pengkhotbah? Keluarga manusia membutuhkan perbaikan moral, dan persiapan tabiat, agar mereka dapat berdiri di hadirat Allah. Ada jiwa-jiwa yang nyaris binasa akibat kesalahan teoretis yang berlaku, dan yang diperhitungkan untuk melawan pekabaran Injil. Siapakah yang sekarang ini mau mengabdikan diri sepenuhnya untuk menjadi pekerja bersama Allah?” – Testimonies for the Church, jilid 6, hlm. 21.

KAMIS

  1. Manfaat apakah yang diperoleh? Secara pribadi, apakah yang engkau ingin terima?

Matius 13:51, 52, 45.  Mengertikah kamu semuanya itu?” Mereka menjawab: “Ya, kami mengerti.” 52Maka berkatalah Yesus kepada mereka: “Karena itu setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran dari hal Kerajaan Sorga itu seumpama tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya.” … 45Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah.

Amsal 23:23. Belilah kebenaran dan jangan menjualnya; demikian juga dengan hikmat, didikan dan pengertian.

“Di berbagai negara yang berbeda-beda terdapatlah orang-orang yang sungguh-sungguh dan bijaksana yang telah mencari dalam kitab-kitab atau literatur dan ilmu pengetahuan dan agama-agama dunia kafir apa yang dapat mereka terima sebagai harta jiwa. Di kalangan orang-orang Yahudi terdapatlah juga orang-orang yang mencari apa yang tidak mereka miliki. Tidak puas dengan agama sekedar formalitas, mereka mendambakan agama yang rohani dan meluhurkan. Murid-murid yang dipilih Kristus termasuk dalam golongan orang yang tidak diperhitungkan dunia, sementara Kornelius dan sida-sida Etiopia adalah termasuk dalam golongan orang-orang yang terkemuka. Mereka ini adalah orang-orang yang telah merindukan dan berdoa memohon terang dari surga; dan ketika Kristus dinyatakan kepada mereka, mereka pun menerima Dia dengan sukacita.” –Christ’s Object Lessons, hlm. 116.

JUMAT

  1. Apa yang Sang Pencipta inginkan dari orang-orang yang menerima-Nya? Buat daftarnya dan jelaskanlah.

Lukas 15:17, 18. Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan. 18Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa.

1 Korintus 6:11. Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.

“’Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Sebanyak yang menerima-Nya, kepada mereka berilah Dia kuasa untuk menjadi anak-anak Allah, bahkan kepada mereka yang percaya pada nama-Nya: yang dilahirkan, bukan dari darah, tidak juga dari kehendak daging, tidak juga dari kehendak manusia, tetapi dari Allah.’ Yohanes 1:12, 13. Inilah satu-satunya kekuatan yang dapat bekerja untuk mengangkat umat manusia. Dan hak pilihan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan ini adalah untuk belajar dan mengajarkan dan menghidupkan firman Allah.”—The Desire of Ages, hlm. 509.

SABAT

  1. Untuk apakah Tuhan mengundang semua orang yang mempelajari perumpamaan-perumpamaan itu? Apakah tujuan besar-Nya?

Mazmur 95:6-8. Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita. 7Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaan-Nya dan kawanan domba tuntunan tangan-Nya. Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suara-Nya! 8Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di padang gurun,

“Apakah yang sedang engkau lakukan, saudara-saudari sekalian, dalam pekerjaan besar persiapan sekarang ini? Barangsiapa yang sedang bersatu dengan dunia berarti sedang menerima cetakan duniawi dan Bersiap untuk menerima tanda binatang. Namun, barangsiapa yang tidak percaya pada diri sendiri, yang mau merendahkan diri di hadapan Allah dan mau memurnikan jiwa mereka dengan mematuhi kebenaran ini berarti sedang menerima cetakan surgawi dan mempersiapkan diri untuk menerima meterai Allah di dahi mereka. Ketika dekrit itu keluar dan meterainya telah ditaruh pada mereka, maka tabiat mereka akan tetap murni dan tak bernoda untuk selama-lamanya.” –Testimonies for the Church, jilid 5, hlm. 216.

Untuk Pelajaran Tambahan

Tetapi tidak seorang pun dapat memberikan apa yang dia sendiri tidak terima atau belum terima. Dalam pekerjaan Tuhan, kemanusiaan tidak dapat menghasilkan apa-apa dari dirinya sendiri. Tidak ada manusia yang dapat dengan usahanya sendiri menjadikan dirinya pembawa terang bagi Tuhan. Melainkan hanya cairan emas yang dikosongkan oleh juru kabar surga ke dalam pipa emas, untuk dimasukkan dari pinggan emas ke dalam pelita bait suci, yang menghasilkan terang yang terus-menerus bercahaya. Adalah kasih Allah yang terus-menerus yang dialirkan kepada manusia yang memungkinkannya untuk membagikan terang. Ke dalam hati semua orang yang dipersatukan dengan Allah oleh iman, minyak emas kasih mengalir dengan bebas, untuk bersinar kembali dalam perbuatan baik, dalam pelayanan yang nyata dan sepenuh hati bagi Allah.” – Christ’s Object Lessons, hlm. 418.

 

Leave a Reply

  Subscribe To Newsletter
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Keep up to date with the latest news, articles and weekly Sabbath School Lessons. In order to subscribe please provide us with your contact details bellow.

Note: We hate spam emails and we will never share your details with anyone else.

×