SET DAN DOA YANG MENYEMBUHKAN

PELAJARAN SEKOLAH SABAT KWARTAL KEDUA 2023 “DUNIA DI ZAMAN SEBELUM AIR BAH DAN KESEHATAN DI ZAMAN MODERN”

PERSEMBAHAN SEKOLAH SABAT ISTIMEWA UNTUK UGANDA

Semoga Tuhan segala berkat melindungi dan menopangmu!

PELAJARAN 6

Sabat, 6 Mei 2023

Set dan Doa yang Menyembuhkan

Set artinya “pengganti.”

“Namanya Set, yang artinya ‘yang ditentukan,’ atau ‘penggantian;’ ‘sebab,’ kata ibunya, ‘Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel.’ (Kejadian 4:25).” –Patriarchs and Prophets, hal. 80.

“Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.” Yakobus 5:15.

“Tetapi petunjuk yang diberikan Tuhan kepada Adam, dan yang diulangi oleh Set dan dicontohkan sepenuhnya oleh Henokh, menghilangkan kegelapan dan kesuraman, dan memberi harapan kepada manusia, bahwa meski melalui Adam telah datang kematian, namun melalui Yesus, Penebus yang dijanjikan, akan datang hidup dan kekekalan.” –The Story of Redemption, hal. 60.

MINGGU

Anak Adam yang Saleh

  1. Setelah kematian Habel, siapakah anak laki-laki yang kemudian dilahirkan oleh Hawa, dan, apakah arti namanya? Orang seperti apakah Set itu, dan bagaimana dia berkontribusi pada kemajuan kebenaran ilahi?

Kejadian 4:25, 26; 5:3 Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: “Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya.” 26 Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.…. 5:3 Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya.

“Set bertubuh lebih mulia daripada Kain atau Habel, dan lebih mirip Adam daripada putra-putranya yang lain. Dia adalah karakter yang layak, mengikuti jejak Habel. Namun dia tidak mewarisi lebih banyak kebaikan alami daripada Kain. Tentang penciptaan Adam dikatakan, ‘Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya;’ tetapi, setelah kejatuhannya, Adam, ‘memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya.’ (Kejadian 1:27; 5:3).” –Christ Triumphant, hal. 38.

“Set memiliki tabiat yang saleh, dan menggantikan Habel dalam perbuatan benar. Namun dia adalah anak Adam, seperti Kain yang berdosa, dan mewarisi dari sifat Adam, dan tidak lebih baik secara alamiah daripada Kain. Ia dilahirkan dalam dosa, tetapi oleh kasih karunia Allah, dengan menerima petunjuk yang setia dari Adam ayahnya, ia pun memuliakan Allah dalam melakukan kehendak-Nya. Dia memisahkan diri dari keturunan Kain yang rusak, dan bekerja keras, untuk mengubah pikiran orang berdosa agar menghormati dan menaati Allah, sebagaimana yang akan dilakukan Habel seandainya saja dia masih hidup.” –The Story of Redemption, hal. 57.

SENIN

  1. Terapi rohani mendasar apakah yang harus diterapkan untuk penyembuhan orang sakit dan bumi itu sendiri? Selain itu, tata cara dan tindakan dasar Kristen apakah yang membantu mendatangkan kesembuhan?

2 Tawarikh 7:14 dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Yakobus 5:13-16 Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi! 14 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. 15 Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. 16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

“Ada di antara orang-orang Advent Hari Ketujuh yang tidak mengindahkan terang yang diberikan kepada mereka sehubungan dengan masalah ini. Mereka menjadikan daging-daging sebagai bagian dari makanan mereka. Penyakit menimpa mereka. Sakit dan menderita akibat kesalahan mereka sendiri, mereka meminta doa dari para hamba Tuhan. Tetapi bagaimana Tuhan dapat bekerja demi kepentingan mereka ketika mereka tidak mau melakukan kehendak-Nya, ketika mereka menolak untuk mengindahkan petunjuk-Nya sehubungan dengan reformasi kesehatan?…

“Selama tiga puluh tahun terang tentang reformasi kesehatan telah sampai kepada umat Allah, tetapi banyak yang menjadikannya bahan lelucon. Mereka terus menggunakan teh, kopi, rempah-rempah, dan daging-daging. Tubuh mereka penuh dengan penyakit. Bagaimana kita, saya bertanya, mempersembahkan orang-orang seperti itu kepada Allah untuk disembuhkan?” –Counsels on Diet and Foods, hal. 400.

“Banyak yang berharap bahwa Allah akan menjaga mereka dari penyakit hanya karena mereka telah meminta Dia melakukannya. Tetapi Allah tidak mengindahkan doa mereka, karena iman mereka tidak disempurnakan oleh perbuatan. Allah tidak akan mengadakan mujizat untuk menjaga dari penyakit orang-orang yang tidak merawat dirinya sendiri, tetapi terus-menerus melanggar hukum kesehatan dan tidak berusaha mencegah penyakit. Ketika kita melakukan semua yang kita bisa di pihak kita untuk mendapatkan kesehatan, maka kita dapat mengharapkan bahwa hasil yang diberkati akan mengikuti usaha kita, dan kita dapat meminta kepada Tuhan dengan iman untuk memberkati upaya kita untuk menjaga kesehatan. Dia kemudian akan menjawab doa kita, jika nama-Nya dapat dimuliakan. Tetapi biarlah semua mengerti bahwa mereka memiliki pekerjaan yang harus dilakukan. Tuhan tidak akan bekerja dengan cara yang ajaib untuk menjaga kesehatan orang-orang yang mengambil jalan yang pasti yang mengakibatkan diri mereka sakit, dengan mengabaikan hukum kesehatan.” –Medical Ministry, hal. 13.

SELASA

  1. Berapa umur Set ketika anak pertamanya lahir. Mengapa para bapa dahulu berumur panjang? Apakah yang Allah nyatakan melalui arti dari setiap nama para bapa dahulu itu, mulai dari Adam sampai Nuh?

Kejadian 5:6-8 Setelah Set hidup seratus lima tahun, ia memperanakkan Enos. 7 Dan Set masih hidup delapan ratus tujuh tahun, setelah ia memperanakkan Enos, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 8 Jadi Set mencapai umur sembilan ratus dua belas tahun, lalu ia mati.

Kolose 1:26, 27 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya. 27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!

“Allah telah mengaruniakan manusia dengan kekuatan vital yang begitu besar sehingga ia dapat bertahan dari akumulasi penyakit yang dibawa ke dalam bangsa manusia sebagai akibat dari kebiasaan yang menyimpang, dan telah berlangsung selama enam ribu tahun. Fakta ini sendiri sudah cukup untuk membuktikan kepada kita kekuatan dan energi hidup yang diberikan Allah kepada manusia pada saat penciptaannya. Lebih dari dua ribu tahun berlangsung kejahatan dan pemanjaan nafsu rendah untuk membawa penyakit tubuh pada bangsa sampai batas tertentu. Jika Adam, pada saat penciptaannya, tidak diberkahi dengan kekuatan vital dua puluh kali lebih banyak daripada yang dimiliki manusia sekarang, maka bangsa manusia, dengan kebiasaan hidup mereka yang melanggar hukum kodrat, sudah punah. Pada saat kedatangan Kristus yang pertama, bangsa manusia telah merosot begitu cepat sehingga akumulasi penyakit menekan generasi saat itu, membawakan gelombang dukacita, dan beban kesengsaraan yang tak terlukiskan.” –Fundamentals of Christian Education, hal. 22.

RABU

  1. Raja mana yang disembuhkan dari penyakit fatal dengan menyeru nama Yehova, seperti yang dilakukan Set? Obat alami apa yang diterapkan untuk mendukung doanya untuk kesembuhan?

2 Raja-Raja 20:1-7 ada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos, dan berkata kepadanya: “Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi.” 2 Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN: 3 “Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu.” Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat. 4 Tetapi Yesaya belum lagi keluar dari pelataran tengah, tiba-tiba datanglah firman TUHAN kepadanya: 5 “Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN. 6 Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku.” 7 Kemudian berkatalah Yesaya: “Ambillah sebuah kue ara!” Lalu orang mengambilnya dan ditaruh pada barah itu, maka sembuhlah ia..

“Ia yang “tak habis-habisnya rahmat-Nya,” mendengar akan doa hamba-Nya. Ratapan 3:22. “Tetapi Yesaya belum lagi ke luar dari pelataran tengah, tiba-tiba datanglah Firman Tuhan kepadanya, Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia raja umat-Ku, Beginilah Firman Tuhan, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau, pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah Tuhan. Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku.” 2 Raja-raja 20:4-6.” –Prophets and Kings, hal. 341, 342.

“Mereka yang mencari kesembuhan melalui doa hendaknya tidak lalai menggunakan juga sarana penyembuhan yang ada dalam jangkauan mereka. Ini bukanlah penyangkalan iman untuk menggunakan pengobatan yang demikian sebagaimana yang telah disediakan Tuhan untuk meringankan rasa sakit dan untuk membantu alam dalam pekerjaan pemulihannya. Bekerja sama dengan Allah bukanlah penyangkalan iman, dan menempatkan diri mereka dalam kondisi yang paling menguntungkan untuk pemulihan. Allah telah memberikannya ke dalam kekuatan kita untuk memperoleh pengetahuan tentang hukum-hukum kehidupan. Pengetahuan ini telah ditempatkan dalam jangkauan kita untuk digunakan. Kita harus menggunakan segenap kesanggupan dan sarana yang ada untuk memulihkan kesehatan, mengambil setiap keuntungan yang mungkin, dan bekerja selaras dengan hukum alam. Ketika kita telah berdoa untuk kesembuhan orang sakit, kita dapat bekerja dengan lebih banyak energi, berterima kasih kepada Tuhan bahwa kita memiliki hak istimewa untuk bekerja sama dengan-Nya, dan meminta restu-Nya atas sarana yang telah Dia sediakan sendiri.” –The Ministry of Healing, hal. 231.

KAMIS

Pengganti dan Teladan bagi Manusia

  1. Siapakah keturunan Set yang menjadi Pengganti manusia? Bagaimana Dia menjadi Pengganti manusia di hadapan hukum Allah?

Imamat 27:32, 33 Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN. 33 Janganlah dipilih-pilih mana yang baik dan mana yang buruk, dan janganlah ditukar; jikalau orang menukarnya juga, maka baik hewan itu maupun tukarnya haruslah kudus dan tidak boleh ditebus.”

Yesaya 53:4-6 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. 5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. 6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

“Harapan penebusan ini yang hadir melalui kedatangan Anak Allah sebagai Juruselamat dan Raja, tidak pernah redup di dalam hati manusia. Sejak dari permulaan ada orang yang imannya telah menjangkau sampai melampaui bayangan masa kini kepada kenyataan-kenyataan masa yang akan datang. Adam, Set, Henokh, Metusalah, Nuh, Sem, Abraham, Ishak dan Yakub–melalui orang-orang ini dan yang lainnya yang telah hidup saleh, Tuhan telah memberikan pernyataan-pernyataan yang indah mengenai kehendak-Nya. Maka demikian juga kepada anak-anak Israel, umat pilihan melalui siapa Mesias yang dijanjikan itu akan diberikan kepada dunia, Allah memberikan suatu pengetahuan tentang tuntutan-tuntutan hukum-Nya, dan tentang keselamatan yang harus diselesaikan melalui korban pendamaian Anak-Nya yang kekasih itu.” –Prophets and Kings, hal. 682.

“Dalam karya penciptaan, Kristus ada bersama Allah. Dia satu dengan Allah, setara dengan Dia…. Hanya Dia sendiri, Pencipta manusia, yang bisa menjadi Juruselamatnya…. Dia mengusulkan untuk menaruh ke atas diri-Nya sendiri kesalahan dan rasa malu dari dosa—dosa yang begitu menjijikkan di hadapan Allah sehingga mengharuskan pemisahan dari Bapa-Nya. Kristus mengusulkan untuk mencapai kedalaman kemerosotan dan kesengsaraan manusia, dan memulihkan jiwa yang bertobat dan percaya untuk kembali selaras dengan Allah. Kristus, Anak Domba yang disembelih sejak dunia dijadikan, mempersembahkan diri-Nya sendiri sebagai korban dan pengganti bagi anak-anak Adam yang telah jatuh.” –That I May Know Him, hal. 18.

“Oh, betapa ingin dan rindunya Kristus untuk menyelamatkan jiwa yang hilang! Tubuh yang disalibkan di kayu salib tidak mengurangi keilahian-Nya, kuasa Allah-Nya, untuk menyelamatkan melalui pengorbanan manusia, semua orang yang mau menerima kebenaran-Nya. Dengan mati di kayu salib, Ia telah memindahkan kesalahan dari pribadi pelanggar kepada Pengganti ilahi melalui iman kepada-Nya sebagai Penebus pribadinya. Dosa-dosa dunia yang bersalah, yang digambarkan sebagai ‘merah seperti kirmizi,’ itu telah diperhitungkan kepada Penjamin Ilahi kita.” –Our Father Cares, hal. 240.

JUMAT

  1. Dalam hal apakah Set serupa dengan Kristus?

Kejadian 4:26 Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.

Lukas 6:12; 9:18, 28; 11:1 Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah…. 9:18Pada suatu kali ketika Yesus berdoa seorang diri, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Ia bertanya kepada mereka: “Kata orang banyak, siapakah Aku ini?”… 28Kira-kira delapan hari sesudah segala pengajaran itu, Yesus membawa Petrus, Yohanes dan Yakobus, lalu naik ke atas gunung untuk berdoa.…. 11:1Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.”

 

“Yesus berkata, Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.’ Yohanes 10:17. Yaitu, ‘Bapa-Ku begitu mengasihimu sehingga Dia bahkan lebih mengasihi-Ku karena memberikan nyawa-Ku untuk menebusmu. Dengan menjadi Pengganti dan Penjaminmu, dengan menyerahkan nyawa-Ku, dengan mengambil tanggung jawabmu, pelanggaranmu, Aku disayangi oleh Bapa-Ku; karena dengan pengorbanan-Ku, Allah menyatakan Dia tetap adil, namun juga menjadi Pembenar bagi barangsiapa yang percaya kepada Yesus.” –Steps to Christ, hal. 14.

SABAT

  1. Sama seperti pada zaman Set, ketika ada serangan oleh anak-anak Kain, dan umat beriman berseru kepada Tuhan, maka, untuk hal apakah anak-anak Tuhan akan berseru selama pertempuran besar terakhir? Kemanakah mereka akan melarikan diri? Hari kudus apakah yang akan mereka pelihara, sebagaimana yang dilakukan Set dan Yesus?

Mazmur 119:126 Waktu untuk bertindak telah tiba bagi TUHAN; mereka telah merombak Taurat-Mu.

Kidung Agung 4:6 Sebelum angin senja berembus dan bayang-bayang menghilang, aku ingin pergi ke gunung mur dan ke bukit kemenyan.

Markus 13:14 “Apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat yang tidak sepatutnya–para pembaca hendaklah memperhatikannya–maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.

Lukas 21:21, 22 Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota, 22 sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis.

Ibrani 4:9 Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.

“Sabat dihormati oleh semua anak Adam yang tetap setia kepada Tuhan. Tetapi Kain dan keturunannya tidak menghormati hari di mana Allah berhenti ini. Mereka memilih waktu mereka sendiri untuk bekerja dan beristirahat, terlepas dari perintah tegas Yehova.

“Untuk beberapa waktu kedua kelas ini tetap terpisah. Kaum-nya Kain, menyebar dari tempat pemukiman pertama mereka, tersebar di dataran dan lembah tempat tinggal anak-anak Set; dan kelas yang satunya, demi untuk melarikan diri dari pengaruh pencemaran (kaum-nya Kain), mereka mundur ke pegunungan, dan membuat rumah mereka di sana.” –Christ Triumphant, hal. 38.

“Menunjuk kepada Tuhan sebagai pembuat langit dan bumi, itu (hari Sabat) membedakan Tuhan yang benar dari semua dewa palsu. Semua yang memelihara hari ketujuh, menandakan dengan tindakan ini bahwa mereka adalah penyembah Yehova. Jadi Sabat adalah tanda kesetiaan manusia kepada Tuhan selama masih ada penduduk di bumi yang mengabdi kepada-Nya.” –Sons and Daughters of God, hal. 59.

Untuk Pelajaran Tambahan

Temukan makna atau arti dari sepuluh nama para bapa pertama-tama dahulu, dan tulis kalimat tentang arti-artinya yang berbeda-beda itu–Adam, Set, Enos, Kenan, Mahalaleel, Jared, Henokh, Metusaleh, Lamekh, Nuh.

* * *

Leave a Reply

  Subscribe To Newsletter
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Keep up to date with the latest news, articles and weekly Sabbath School Lessons. In order to subscribe please provide us with your contact details bellow.

Note: We hate spam emails and we will never share your details with anyone else.

×