Pengudusan Jemaat

PENGUDUSAN JEMAAT

“Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.” 2 Korintus 7:1.

“Yohanes adalah guru kesucian, dan dalam suratnya kepada sidang-sidang ia membentangkan peraturan-peraturan yang tidak pernah salah itu untuk tingkah laku orang-orang Kristen. ‘Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya,’ ia menulis, ‘menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.’ ‘Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.’ 1 Yohanes 3:3; 2:6. Ia mengajarkan bahwa orang Kristen harus suci dalam hati dan kehidupan. Ia tidak akan pernah merasa puas dengan pekerjaan yang kosong. Sebagaimana Allah suci pada lingkungan-Nya, demikian juga manusia yang sudah jatuh, oleh iman kepada Kristus, harus menjadi suci pada lingkungannya.
“Karena inilah kehendak Allah,” rasul Paulus menulis, “pengudusanmu.” 1 Tesalonika 4:3. Pengudusan sidang adalah tujuan Allah dalam segala perlakuan-Nya terhadap umat-Nya. Ia telah memilih mereka dari kekekalan, supaya mereka boleh menjadi suci. Ia telah mengaruniakan Anak-Nya untuk mati bagi mereka, supaya mereka boleh disucikan melalui penurutan kepada hukum, terlepas dari segala kehampaan diri sendiri. Dari mereka ia menghendaki suatu pekerjaan pribadi, suatu penyerahan pribadi. Allah dihormati oleh orang-orang yang mengaku percaya kepada-Nya, hanya bila mereka telah disesuaikan dengan peta-Nya dan dikendalikan oleh Roh-Nya. Dengan demikian, sebagai saksi-saksi bagi Juruselamat, mereka boleh memberitakan apa yang telah diperbuat oleh anugerah Ilahi bagi mereka.” – The Acts of Apostles, hal. 559.

Pertanyaan-pertanyaan untuk direnungkan:
Bagaimana caranya agar kita dapat dikuduskan?
Apakah kita termasuk orang-orang yang telah terpilih bagi kekekalan, yang sedang dikuduskan?
Bagaimana kita dapat mengerti bahwa memang kita sedang dikuduskan?

About the Author

Leave a Reply

  Subscribe To Newsletter
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Keep up to date with the latest news, articles and weekly Sabbath School Lessons. In order to subscribe please provide us with your contact details bellow.

Note: We hate spam emails and we will never share your details with anyone else.

×